PERUMAHAN WEB

Spanyol Lolos ke Final EURO 2024

Spanyol Lolos ke Final EURO 2024

NON-STOP.ID – Hasil EURO tadi malam Spanyol vs Prancis di Allianz Arena, Munchen, Jerman pada Rabu, 10 Juli ditutup dengan skor akhir 2-1. Tertinggal lebih dahulu, La Roja membalikkan angka via Lamine Yamal dan Dani Olmo. Kemenangan ini memastikan Spanyol lolos final EURO 2024.

Hasil semifinal EURO 2024 Spanyol vs Prancis membuat Les Bleus era Kylian Mbappe kembali tersandung dalam upaya meraih gelar Piala Eropa. Ini juga memaksa Prancis lebih lama lagi menanti trofi EURO sejak terakhir kali juara pada 2000.

Sebaliknya, bagi Spanyol, mimpi mereka untuk jadi juara EURO terbanyak sepanjang sejarah semakin dekat saja. La Roja kini berpeluang jadi kampiun untuk kali ke-4, meninggalkan Jerman (3 gelar). Pasukan Luis de la Fuente tinggal menunggu pemenang laga Inggris vs Belanda pada Kamis (11/7).

Hasil semifinal EURO 2024 tadi malam menjadi catatan tersendiri bagi Prancis. Untuk pertama kalinya dalam edisi Jerman ini, Les Bleus terbobol 2 gol dalam 1 pertandingan. Sebelumnya, dalam rentang 5 laga dari penyisihan grup hingga 8 besar, Prancis baru kebobolan sekali.

Di sisi lain, Spanyol melanjutkan produktivitas mereka. La Roja total sudah mencetak 13 gol sejak fase grup hingga semifinal. Soal individual, Lamine Yamal jadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah EURO karena baru berusia 16 tahun 362 hari saat membobol Prancis.

Dalam starting XI Spanyol vs Prancis, La Roja menurunkan formasi 4-2-3-1 yang bisa bervariasi jadi 4-3-3. Lini depa jadi milik Alvaro Morata didampingi winger Lamine Yamal dan Nico Williams.

Catatan penting ada di full-back kanan. Jesus Navas yang sudah berusia 38 tahun diplot Luis de la Fuente di posisi tersebut. Navas menggantikan Dani Carvajal yang terkena larangan bermain.

Di kubu Prancis, Les Bleus memakai skema 4-3-3. Kylian Mbappe diletakkan di sisi kiri, ditemani Randal Kolo Muani dan Ousmane Dembele. Lini tengah jadi milik Adrien Rabiot, N’Golo Kante, dan Aurelien Tchouameni.

Spanyol sudah menciptakan peluang ketika laga berjalan 5 menit. Lamine Yamal mengirim bola ke kotak penalti, dan di sana sudah ada Fabian Ruiz. Namun, tandukan sang gelandang PSG masih terlalu tinggi.

Prancis yang lebih banyak tertekan, justru lebih dahulu unggul. Menit 9, Kylian Mbappe mengirim umpan silang apik yang diteruskan oleh Kolo Muani dengan sundulan jarak dekat. Bola masuk gawang Unai Simon, dan untuk pertama kalinya Prancis mencetak gol via open play di EURO 2024.

Momentum tampak ada di kubu Prancis. Namun, bocah ajaib Barcelona, Lamine Yamal, merusak pesta Les Bleus. Menit 21, Yamal melepaskan tembakan jarak jauh yang tak bisa dibendung oleh kiper Mike Maignan.

Gol spektakuler itu menggoyahkan mental Prancis. Buktinya, berselang 4 menit, Spanyol sukses membalikkan situasi. Kali ini, Dani Olmo menunjukkan aksi individual apik, sebelum masuk kotak penalti dan mengirim tembakan yang memastikan skor 2-1.

Prancis tidak bisa berbuat banyak hingga turun minum. Faktanya, kedua tim sama-sama membatasi lawan masing-masing. Prancis cuma bisa melepaskan 1 shot on goal dalam 45 menit awal, sedangkan Spanyol 2. Artinya, setiap tembakan mereka berbuah gol, tapi tak lebih daripada itu.

Paruh kedua, Prancis lebih banyak mengendalikan bola. Namun, serangan mereka terus saja buntu. Menit 62, Didier Deschamps melakukan 3 pergantian pemain sekaligus. Bradley Barcola, Antoine Griezmann, dan Eduardo Camavinga ia suntikkan masuk ke lapangan.

Formasi Prancis berubah jadi 4-2-4. Les Bleus terus berupaya mencecar Spanyol, terutama dari sisi kiri tempat Theo Hernandez dan Kylian Mbappe beroperasi. Namun, peluang tak kunjung datang. Menit 64, Dayot Upamecano yang maju jauh untuk membantu serangan, gagal mencocokkan dengan bola. Peluang Les Bleus terbang tinggi.

Di tengah rasa frustrasi yang semakin merayap, Prancis nyaris saja kebobolan untuk ketiga kalinya. Sekitar 9 menit jelang bubaran, Lamine Yamal menerobos pertahanan Les Bleus lantas melepaskan tembakan lengkung. Bola masih tipis di atas mistar gawang Mike Maignan.

Menit 86, Mbappe sebenarnya punya kesempatan untuk menaklukkan Unai Simon. Kali ini, tembakannya terlalu tinggi. Di sisi lain, Aymeric Laporte tampak menepi karena cedera. Spanyol sukses mempertahankan skor 2-1 hingga wasit Slavko Vinčić (Slovenia) meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

La Roja lolos final EURO untuk keempat kalinya sepanjang sejarah. Sebaliknya, generasi emas Prancis kembali terhalang untuk melaju lebih jauh di Piala Eropa. Misteri untuk Les Bleus dalam memburu gelar EURO setidaknya masih berlanjut hingga 28 tahun sejak terakhir kali memenangi trofi tersebut.

Pencetak Gol: Lamine Yamal 21′, Dani Olmo 25’/ Randal Kolo Muani 9′(red/tirto)